Penyebab kb suntik 3 bulan dengan peningkatan berat badan

Haid baru datang kembali pada umumnya setelah 6 bulan. Saluran genetal uterus dan vagina ,2. Sebuah studi memperlihatkan tidak adanya peningkatan secara bermakna dalam resiko relatif untuk stroke, infark miokardium, atau penyakit tromboembulus vena paada wanita yang menggunakan kontrasepsi progesteron dalam bentuk kontrasepsi suntik atau pil.

Efek bagi wanita menyusui Masih membahas efek positif dari metode KB suntik 3 bulan ini, metode yang satu ini tidak memiliki efek buruk terhadap proses laktasi menyusui pada wanita yang sedang menyusui baik dari segi kuantitas maupun kualitas ASI yang diberikan.

Kenali Perbedaan KB Suntik 1 Bulan dan 3 Bulan

Bila ibu sedang menggunakan jenis kontrasepsi jenis lain dan ingin menggantinya dengan jenis kontrasepsi suntikan yang lain lagi kontrasepsi suntikan yang akan diberikan dimulai pada saat jadwal kontrasepsi suntikan yang sebelumnya. Beberapa wanita mungkin mengeluhkan bertambahnya jerawat dan perubahan mood.

Progesteron juga menyebabkan nafsu makan bertambah dan penurunan aktivitas fisik. Adalah faktor yang dapat mempengaruhi berat badan seseorang dan bersumber dari atau pada tubuh itu sendiri.

Berat badan meningkat atau naik jika hasil penimbangan berat badan lebih besar dibandingkan dengan berat badan sebelumnya. Efek ini bisa terus terasa selama jangka waktu penyuntikan berlangsung karena kandungan suntikannya akan terus berada dalam tubuh Diduga dapat sedikit mengurangi kepadatan tulang, namun akan segera kembali normal apabila dihentikan.

Jangka panjang, jadi Anda hanya perlu datang tiap 3 bulan. Masa remaja awal usia 14 tahun atau lebih mudayang belum pernah mens dan belum menampakkan adanya tanda-tanda karakteristik seksual sekunder 2.

MK 3. Segera cari pertolongan ke pelayanan kesehatan terdekat. Kadang-kadang dapat terjadi di dalam suatu keluarga timbulnya sifat dominasi dalam hal menurunkan bentuk fisik keturunannya.

Dapat memberikan perlindungan terhadap kanker rahim dan penyakit radang panggul. Amenore berkepanjangan pada pemberian progesteron tidak diketahui memahayakan, dan banyak wanita yang merasa amenore tidak alamiah, dapat diambil analogi yang masuk akal dengan amenore laktasi.

Tunggu bulan kemudian, bila tidak terjadi perdarahan juga, rujuk ke klinik. Memang ditemukan sejumlah kecil hormon di dalam ASI akseptor KB, hanya saja keberadaan hormon ini tidak mempunyai efek pada bayi yang meminumnya. Mekanisme dari keluhan ini belum diketahui dengan pasti akan tetapi pengaruh hormonal diduga kuat sebagai pencetus sakit kepala pada akseptornya.

Kadang kala, wanita telah memiliki kesan bahwa DMPA dapat diberikan setiap 3 bulan. Kedua hal ini diduga disebabkan oleh perubahan hormonal di dalam tubuh akseptornya. Diperlukan penyuntikan yang teratur Harus dibahas evektivitas dan frekuensi penyuntikan dan berapa kali suntikan harus diberikan.

Saat wanita menyatakan keinginannya untuk menggunakan kontrasepsi hormon, tetapi esterogen dikontraindikasikan, esterogen tidak dapat ditoleransi dengan baik, profil efek samping atau komplikasi esterogen tidak disukai.

Keuntungan 1. Pengidap beberapa penyakit seperti kanker payudara, gangguan hati, penyakit jantung atau pembuluh darah.

Gangguan pola haid berhubungan dengan lama pemakaian metode KB suntik 3 bulan ini. Lendir cerviks yang kental Dalam 48 jam setelah pemberian progesteron sudah tampak lendir serviks yang kental, sehingga mobilitas dan daya penetrasi dari spermatozoa sangat terhambat.

Timbulnya hipertensi sewaktu menggunakan progesteron jarang terjadi, dan biasanya tidak berkaitan dengan pemakaian progesteron tersebut. Yang perlu diperhatikan juga, DMPA berkaitan dengan peningkatan lemak abdominal perutsalah satu komponen dari sindroma metabolik yang berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Dengan adanya nafsu makan yang lebih banyak dari biasanya tubuh akan kelebihan zat-zat gizi. Selain itu, hormon ini juga mencegah sperma untuk mencapai sel telur dengan menebalkan cairan vagina dan mencegah pertumbuhan janin dengan menipiskan dinding rahim.

Ia mungkin mengganti metodenya atau mengobati jerawatnya. Etiologi Kenaikan berat badan, kemungkinan disebabkan karena hormon progesteron mempermudah perubahan karbohidrat dan gula menjadi lemak, sehingga lemak di bawah kulit bertambah, selain itu hormon progesteron juga menyebabkan nafsu makan bertambah dan menurunkan aktivitas fisik, akibatnya pemakaian suntikan dapat menyebabkan berat badan bertambah.Efek KB suntik 3 bulan yang berikutnya akan kita bahas adalah sakit kepala dan berdasarkan data dapat terjadi pada hampir 17% akseptor KB suntik ini.

Mekanisme dari keluhan ini belum diketahui dengan pasti akan tetapi pengaruh hormonal diduga kuat sebagai pencetus sakit kepala pada akseptornya. Sakit kepala yang terjadi pada akseptor KB suntik 3 bulan biasanya berupa migrain dimana timbul nyeri.

Wanita yang menggunakan kontrasepsi Depot medroxy progesterone acetate (DMPA) atau dikenal dengan KB suntik tiga bulan, rata-rata mengalami peningkatan berat badan sebanyak 11 pon atau 5,5 kilogram, dan mengalami peningkatan lemak tubuh sebanyak 3,4% dalam waktu tiga tahun pemakaian, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Texas Medical Branch (UTMB) (Mansjoer, Author: Nie_Na  · Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa.

sehingga penulis dapat menyelesaikan SAP ini dengan judul “ Hubungan kontrasepsi suntik 3 bulan Depo Medroksi Progesteron dengan peningkatan berat badan”.Author: Dhias_Sylvie (Cyang). KB suntik 3 bulan ini bekerja dengan cara menyuntikan hormon Progestin kedalam pembuluh darah sehingga menghentikan pelepasan sel telur ke dalam rahim sehingga dapat mencegah terjadinya pembuahan.

Selain itu, hormon ini juga mencegah sperma untuk mencapai sel telur dengan menebalkan cairan vagina dan mencegah pertumbuhan janin dengan menipiskan dinding justgohostelbraga.com: Infosehat.

Kontrasepsi Suntikan Menyebabkan Peningkatan Berat Badan Wanita yang menggunakan kontrasepsi medroxyprogesterone acetate (DMPA) atau dikenal dengan KB suntik 3 bulan, rata-rata mengalami peningkatan berat badan sebanyak 11 pon atau 5,5 kg dan mengalami peningkatan lemak tubuh sebanyak 3,4% dalam waktu 3 tahun pemakaian, berdasarkan penelitian.

· Obat KB suntik yang 3 bulan sekali setiap 12 minggu. Dosis DMPA tidak perlu disesuaikan dengan berat badan klien. KOMPOSISI. Suspensi Steril Depo Medroxy Progesteron Acetat (DMPA) dalam air: · Author: Rereyrashyab.

Penyebab kb suntik 3 bulan dengan peningkatan berat badan
Rated 0/5 based on 72 review